5 Khasiat Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu memiliki nama latin Hibiscus rosasinesis. Bunga ini berasal dari Asia Timur yakni daerah sekitar Semenanjung Malaya. kemudian menyebar ke negara Asia lainnya seperti India, China, Indonesia dan Thailand, juga ke Jamaika, dan beberapa negara Afrika lainnya. Nama kembang sepatu berasal dari kebiasaan masyarakat india, Jamaica dan Afrika menggunakan kembang ini untuk menyemir sepatu.
Hibiscus
Bunga Kembang Sepatu
Bunga ini terdiri dari 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

Dibalik kecantikannya sebagai tanaman hias, beberapa bagian dari kembang sepatu kaya akan kandungan nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan generik maupun herbal. Kandungan antioksidan berupa antitoksin dan flavonoids yang terdapat pada kembang sepatu menjadikan bunga yang berbentuk seperti terompet ini dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk dapat dikonsumsi sebagai obat, kembang sepatu terlebih dahulu diolah menjadi teh.
Ekstrak Teh Kembang Sepatu
Ilustrasi Teh Kembang Sepatu
Dari berbagai sumber kami rangkum 5 khasiat kembang sepatu bagi kesehatan:
1. Dapat Menurunkan Kolesterol. Kandungan zat sapponins yang dimiliki ekstrak kembang sepatu mampu mengikat kolesterol sehingga kolesterol pun tidak lagi ikut terserap ke dalam tubuh.

2. Menurunkan Gula Darah. Penelitian terakhir yang dilakukan pada kembang sepatu menyatakan bahwa bagian akar dari bunga ini mengandung zat antidiabethic yang dapat mencegah naiknya kadar gula darah di dalam tubuh. Seperti yang dilansir dari Curejoy, mengonsumsi teh ekstrak kembang sepatu dalam 21 hari berturut-turut bisa menurunkan kadar gula darah sampai dengan 46 persen.

3. Menyehatkan Rambut. Secara tradisional, perasan daun dari bunga kembang sepatu bisa digunakan untuk membersihkan rambut. Selain itu, zat yang terkandung di dalam hasil perasan daun kembang sepatu dipercaya dapat memberi nutrisi sehingga rambut pun tumbuh kuat, lebat, dan sehat.

4. Menyembuhkan Berbagai Gangguan Pernapasan. Khasiat lain dari mengonsumsi teh kembang sepatu adalah membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernafasan, seperti batuk dan flu. Khasiat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang tinggi pada kembang sepatu.

5. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Mengkonsumsi teh kembang sepatu secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ekstrak dari kembang sepatu dapat menstimulasi perkembangan sel yang berfungsi melawan infeksi dan kuman di dalam tubuh yang dikenal dengan T cells dan E cells.

Menanam kembang sepatu sangatlah mudah, tanaman ini bisa ditanam dengan cara stek batang ataupun cangkok. Perawatan kembang sepatu tidak terlalu rumit, kita hanya perlu rutin menyiramnya saja agar tanah di sekelilingnya tetap terjaga kelembabannya. Demikian sekilas tentang bunga kembang sepatu serta khasiatnya.

VIDEO 5 KHASIAT BUNGA KEMBANG SEPATU

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Khasiat Bunga Kembang Sepatu"

Post a Comment