Cara Mudah Menanam Dan Perawatan Rumput Gajah Mini

Mungkin sebagian orang ada yang berfikiran yang namanya rumput adalah tumbuhan pengganggu atau gulma yang membuat pekarangan atau taman tampak tidak terawat, namun dibalik hal itu ada beberapa jenis rumput hias yang justru dengan keberadaannya akan membuat suasana taman atau pekarangan rumah akan terlihat lebih cantik dan asri. Dalam hal ini kita akan membahas jenis Rumput Gajah Mini yang sangat populer dan sedang menjadi trend saat ini.

Hamparan hijau rumput gajah mini nan tumbuh dengan daunnya yang mungil diantara keindahan warna-warni tanaman bunga di taman menciptakan pemandangan yang asri serta sejuk dipandang mata, dan rasa lelahpun seketika menjadi hilang.

Sebelum menanam rumput gajah mini sebagai penunjang keasrian taman rumah anda, sebaiknya pelajari terlebih dahulu cara menanam dan perawatan rumput gajah mini yang tepat, agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan. Disini kami akan mengulas tuntas mulai dari cara penanaman, perawatan serta dilengkapi contoh gambar rumput gajah mini.
Cara Menanam Rumput Gajah Mini
Rumput Gajah Mini
Rumput gajah mini terbagi dua jenis yaitu rumput gajah mini biasa dengan daun berwarna hijau dan rumput gajah mini varigata daunnya berwarna putih kombinasi hijau. Perlakuan dalam penanaman serta perawatan pada kedua jenis rumput gajah mini tersebut adalah sama.
Cara Perawatan Rumput Gajah Mini
Rumput Gajah Mini Varigata
Rumput gajah mini termasuk masuk kedalam keluarga rumput gajah (elephant grass) dengan nama latin Pennisetum purpureum berasal dari Amerika dan saat ini sangat popular di Indonesia. Rumput gajah mini tergolong tahan dan mudah beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca.
Keunikan rumput gajah mini adalah sesuai dengan namanya mempunyai daun yang kecil dan tumbuh kesamping tidak tumbuh keatas sehingga tidak perlu pemangkasan akan mempermudah dalam perawatan.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Menanam rumput gajah mini tergolong mudah, andapun bisa menanam sendiri sambil mengisi waktu luang atau libur bersama keluarga. Berikut adalah langkah cara menanam rumput gajah mini :
1. Langkah pertama sebelum menanam rumput gajah mini, bersihkan lahan dari rumput liar atau gulma.
2. Kemudian lakukan penggemburan tanah dengan menggunakan cangkul, tidak perlu terlalu dalam cukup 5cm saja, lalu ratakan kembali permukaan tanah tersebut.
3. Anda dapat menambahkan kompos atau pupuk kandang yang sudah matang jika tingkat kesuburan tanah kurang baik atau gersang, campurkan tipis saja dan aduk rata dengan  menggunakan cangkul dengan tanah media tanam yang sudah anda digemburkan.
4. Siapkan bibit rumput gajah mini, bisa anda dapatkan dengan membeli di tukang taman terdekat atau minta kepada kerabat anda.
5. Belah dengan tangan bibit rumput gajah mini hingga menjadi beberapa bagian potongan kecil, kurang lebih ukuran  3cm - 5cm atau sesuai kebutuhan.
6. Siram terlebih dahulu tanah dengan air secukupnya, lalu tanam bibit rumput gajah mini yang sudah menjadi potongan kecil dengan cara membuat lubang kecil pada tanah tidak perlu dalam, lalu timbun akarnya hingga tertutup tanah, jarak tanam lebih kurang 2cm – 3cm atau menyesuaikan dengan kebutuhan.
7. Kemudian setelah bibit rumput gajah mini tertanam semuanya, anda dapat memukul permukaan rumput dengan perlahan bisa menggunakan tangan, hal ini bertujuan untuk memperkuat jalinan akar menempel dengan media tanam serta permukaan rumput saat tumbuh akan terlihat rata dan rapi. Jika lahan yang ditanam rumput gajah mini cukup luas untuk menghemat waktu serta tenaga, anda dapat menggunakan batang pisang dengan cara menggilas atau gelindingkan berulang-ulang hingga posisi rumput rata dengan tanah sampai media tanam cukup padat hingga akar terikat baik dengan tanah serta tidak mudah bergeser. Anda juga dapat menggunakan kayu balok ataupun papan dengan cara memukul  atau injak secara perlahan.

Cara Perawatan Rumput Gajah Mini

Perawatan rumput gajah mini tidaklah rumit, namun jika hal ini kita abaikan maka rumput gajah mini yang anda tanam tidak tumbuh sesuai yang diharapkan. Berikut adalah hal yang perlu anda lakukan dalam merawat rumput gajah mini :
1. Jika dimusim kemarau atau sedang tidak turun hujan, rumput gajah mini yang baru saja anda tanam perlu dilakukan penyiraman dengan air secukupnya hingga rata, dan lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari pagi dan sore hari.
2. Setelah satu sampai dua minggu usia penanaman akan terlihat perkembangan pertumbuhan rumput gajah mini yang anda tanam, lakukan penyulaman jika ada bibit rumput yang mati atau yang tidak tumbuh dengan baik.
3. Agar rumput gajah mini anda dapat tumbuh dengan baik, bersihkan atau cabut rumput liar yang tumbuh disekitar rumput gajah mini yang ditanam.
4. Bila perlu anda dapat juga melakukan pemupukan pada rumput gajah mini agar tumbuh subur dan rapat, lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang yang kering atau pupuk kompos haluskan terlebih dahulu, lalu tabur rata disekitar tanaman rumput, setelah itu lakukan penyiraman, sebaiknya lakukan pada sore hari. Anda juga dapat memakai pupuk NPK dengan dosis pemakaian satu sendok makan pupuk NPK larutkan dengan 10 liter air, semprot atau siram merata pada tanaman rumput gajah mini anda.

Ohya satu hal lagi perlu diketahui rumput gajah mini akan tumbuh dengan baik jika mendapat pencahayaan sinar matahari yang cukup, oleh sebab itu sedapat mungkin mendapat sinar matahari langsung agar pertumbuhan daunnya menyamping serta keci-kecil terlihat cantik. Jika rumput gajah mini anda tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka daun akan tumbuh memanjang tentu hal ini tidak diharapkan.

Demikian cara mudah menanam dan perawatan rumput gajah mini, semoga tulisan ini bermamfaat dan selamat berkebun.

Jika anda perlu bantuan dari team kami, ingin konsultasi atau butuh bibit rumput gajah mini serta bibit tanaman lainnya, silahkan hubungi kami di 089652559974 Call / WA dengan senang hati kami akan membantu anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menanam Dan Perawatan Rumput Gajah Mini"

Post a Comment