Bunga Desember Cantik Serta Berkhasiat Untuk Kesehatan

Bunga Desember (Blood Lily) nama latinnya Haemanthus Multiflorus. Dinamakan Bunga Desember karena tanaman ini biasa tumbuh dan muncul bunganya yang cantik pada bulan Desember.
Blood Lily
Bunga Desember
Bunga ini hanya mekar setahun sekali yaitu pada bulan Desember, walaupun terkadang dibulan November, Januari dan Februari masih ada yang mekar namun julukan Bunga Desember sudah melekat padanya. Bunga Desember berasal dari belahan benua Afrika bagian selatan, bunga ini termasuk dalam famili Amaryllidaceae (bakung-bakungan) dan akan berbunga disekitar bulan November hingga pertengahan Februari dimana saat curah hujan tergolong tinggi. Bentuk bunga Desember membulat seperti bola namun mirip payung yang berkoloni, pada ujung bunga menyembul putik dan benang sari berwarna kuning atau oranye. Pada setiap tanaman hanya bisa muncul 1 tangkai di sekitar ketiak daun.

Bunga Desember tidak bisa bertahan lama dan hanya berkembang atau mekar selama 7-10 hari saja. Setelah itu mahkotanya akan rontok dan menyisakan bakal buahnya saja. Kemudian disusul daunnya semakin lama semakin mengering dan menyisakan umbinya di dalam tanah.
Blood Lily
Bunga Desember Rontok
Pada musim kemarau, tanaman ini akan merontokkan daunnya dan secara perlahan menyembunyikan dirinya dalam bentuk umbi saja didalam tanah. Banyak yang mengira pada fase ini tanaman Bunga Desember telah mati,  namun sebenarnya itu hanya salah satu cara tanaman Bunga Desember untuk bertahan hidup.
Blood Lily
Tunas Bunga Desember
Saat tiba musim hujan umbi dari Bunga Desember ini akan memunculkan kembali daun-daunnya yang baru rimbun serta hijau. Pada proses ini tanaman akan memproduksi anakan dengan memperbanyak umbinya. Dan umbi inilah yang dapat diambil untuk memperbanyak tanaman di tempat yang diinginkan, bisa ditanam dalam pot atau dipekarangan rumah.
Bunga Desember
Umbi Bunga Desember
Umbi Bunga Desember banyak mengandung saponin, flavonoida dan polifenol yang berkhasiat sebagai obat luka bakar. Untuk obat luka bakar dipakai umbi yang masih segar, dicuci serta diparut kemudian ditempelkan pada bagian yang luka. Polifenol yang terkandung dalam umbi Bunga Desember ini aktif membunuh kuman penyebab infeksi sehingga luka bakar akan cepat kering dan sembuh.

TONTON VIDEO TENTANG BUNGA DESEMBER

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunga Desember Cantik Serta Berkhasiat Untuk Kesehatan"

Posting Komentar